Minggu, 06 September 2009

Jurnal

ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PENERIMAAN NASABAH TERHADAP LAYANAN
INTERNET BANKING
(STUDI EMPIRIS TERHADAP NASABAH BANK DI DEPOK)
Ratih Wijayanti
Mahasiswa Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi
Email : ti_wblueby_sweet@yahoo.co.id
Pembimbing : Dr. Armaini Akhirson, SE., MMA
Staf Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, Depok
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
penerimaan nasabah terhadap layanan internet banking dengan pendekatan Technology
Acceptance Model (TAM).
Metode penelitian adalah survei dengan pendekatan analisis deskriptif. Data
diolah dan dianalisis dengan model statistik regresi berganda dengan menggunakan
bantuan perangkat lunak SPSS versi 11.5
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil pengujian statistik Hasil pengujian statistik
hipotesis ke-1 untuk menguji pengaruh P terhadap PU, menunjukkan bahwa P
berpengaruh secara signifikan terhadap PU. Hasil pengujian statistik hipotesis ke-2 untuk
menguji pengaruh CSE terhadap PU, menunjukkan bahwa CSE berpengaruh secara
signifikan terhadap PU. Hasil pengujian statistik hipotesis ke-3 untuk menguji pengaruh
CSE terhadap PEU, menunjukkan bahwa CSE berpengaruh secara signifikan terhadap
PEU. Hasil pengujian statistik hipotesis ke-4 untuk menguji pengaruh T terhadap PU,
menunjukkan bahwa T tidak berpengaruh secara signifikan terhadap PU. Hasil pengujian
statistik hipotesis ke-5 untuk menguji pengaruh T terhadap PEU, menunjukkan bahwa T
berpengaruh secara signifikan terhadap PEU.Hasil pengujian statistik hipotesis ke-6
untuk menguji pengaruh PEU terhadap PU, menunjukkan bahwa PEU berpengaruh
secara signifikan terhadap PU.Hasil pengujian statistik hipotesis ke-7 untuk menguji
pengaruh P, CSE, T terhadap PU, menunjukkan bahwa P, CSE, berpengaruh signifikan
terhadap PU dan T tidak berpengaruh secara signifikan terhadap PU.Hasil pengujian
statistik hipotesis ke-8 untuk menguji pengaruh P, CSE, T terhadap PEU, menunjukkan
bahwa CSE, berpengaruh secara signifikan terhadap PEU dan T tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap PEU. Hasil pengujian statistik hipotesis ke-9 untuk menguji pengaruh
P terhadap PEU, menunjukkan bahwa P berpengaruh secara signifikan terhadap PEU.
Kata Kunci : TAM, PU, PEU, CSE, T, P
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
PENDAHULUAN
Meningkatnya persaingan dan usaha untuk menekan biaya operasional seefisien
mungkin mendorong bank-bank untuk memanfaatkan internet dalam menjalankan
bisnisnya. Selain itu tingkat mobilitas di masyarakat yang semakin meningkat dari
tahun ke tahun menyebabkan para penyedia layanan bagi masyarakat seperti perbankan
melakukan banyak inovasi pada pelayanan mereka terhadap para nasabahnya. Salah
satu aplikasi yang saat ini mulai menjadi perhatian adalah internet banking.
Internet banking pertama kali muncul di Amerika Serikat pada pertengahan tahun
1990-an, di mana lembaga keuangan di Amerika Serikat memperkenalkan dan
mempromosikan internet banking untuk menyediakan layanan perbankan yang lebih baik
(Chan and Lu 2004 : 21 dalam Sri Maharsi 2007). Internet banking menjadi salah satu
strategi yang digunakan oleh industri perbankan untuk bersaing. Semakin meningkatnya
jumlah pemakai internet dari tahun ke tahun dipercaya akan mendorong penggunaan
internet banking sebagai salah satu bentuk pelayanan bank kepada konsumen akan
semakin menguntungkan.
Layanan internet banking diberikan oleh bank dengan tujuan utama memberikan
kemudahan kepada nasabah. Pelayanan perbankan melalui internet tersebut berupa situs
dari suatu bank tertentu yang menyediakan pelayanan perbankan langsung tanpa perlu
datang ke bank yang bersangkutan. Dengan adanya situs ini, nasabah suatu bank akan
semakin mudah untuk melakukan kegiatan perbankan karena mereka dapat mengakses
situs tersebut dan menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti cek saldo, mutasi
rekening sampai transfer, melakukan pembayaran tagihan, pembelian voucher prabayar,
dan lain-lain, di mana saja dan kapan saja, asalkan memiliki koneksi ke internet.
Kemudahan lainnya ialah karena situs itu sama seperti situs-situs lain pada umumnya,
sehingga nasabah dapat secara langsung mengakses.
Selain bermanfaat bagi nasabah, penggunaan internet banking juga bermanfaat
bagi pihak bank. Manfaat internet bagi pihak bank adalah sebagai berikut (Budi Raharjo
2001) :
1. Business Expansion. Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor
cabang untuk beroperasi di tempat tertentu. Usaha ini memerlukan biaya yang
tidak kecil. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya meletakkan mesin
ATM sehingga dengan adanya mesin ATM tersebut dapat hadir di berbagai
tempat. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, muncul teknologi
internet banking dan phone banking yang dengan menggunakan teknologi
tersebut mulai menghilangkan batas fisik, batas ruang dan waktu. Layanan
perbankan dapat di akses dari mana saja di seluruh Indonesia, dan bahkan di
seluruh dunia.
2. Customer Loyality. Nasabah, khususnya yang sering bergerak (mobile), akan
merasa lebih nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus
membuka account di bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat
menggunakan satu bank saja.
3. Revenue and Cost Improvement. Biaya untuk memberikan layanan perbankan
melalui internet banking dapat lebih murah dari pada membuka kantor cabang.
4. Competitive Advantage. Bank yang tidak memiliki mesin ATM akan sukar
berkompetisi dengan bank yang memiliki banyak mesin ATM. Demikian pula
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan dibandingkan
dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam waktu dekat, orang
tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas internet
banking.
5. New Business Model. Internet banking memungkinkan adanya bisnis model
yang baru. Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan
cepat.
Keberhasilan internet banking tergantung dari bagaimana nasabah menerima
system tersebut. Oleh karena itu, penting bagi pihak bank untuk mengetahui bagaimana
para konsumennya mengapresiasi jasa internet banking agar dapat membantu
menemukan rencana strategis dan meningkatkan pangsa pasar. Dengan kata lain, isu
penting bagi pihak ketika menerapkan internet banking adalah untuk mengetahui faktor-
faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan para nasabah menggunakan jasa pelayanan
internet banking. Karena dengan mengetahui faktor-faktor tersebut maka pihak bank
penyedia layanan internet banking dapat mendorong minat nasabah yang sebenarnya
memiliki fasilitas untuk mengakses internet banking sehingga mereka mau menggunakan
internet banking.
Technology Acceptance Model (TAM), diperkenalkan pertama kali oleh Davis
pada tahun 1989. TAM dibuat khusus untuk pemodelan adopsi pengguna system
informasi. Menurut Davis (1989), tujuan utama TAM adalah untuk mendirikan dasar
penelusuran pengaruh faktor eksternal terhadap kepercayaan, sikap (personalisasi), dan
tujuan pengguna komputer. TAM menganggap bahwa dua keyakinan variabel perilaku
utama dalam mengadopsi sisitem informasi, yaitu persepsi pengguna terhadap manfaat
(perceived usefulness) dan persepsi pengguna terhadap penggunaan (perceived ease of
use),
Technology Acceptance Model
(TAM)
Technology Acceptance Model (TAM), diperkenalkan pertama kali oleh Davis
pada tahun 1989. TAM dibuat khusus untuk pemodelan adopsi pengguna system
informasi. Menurut Davis (1989), tujuan utama TAM adalah untuk mendirikan dasar
penelusuran pengaruh faktor eksternal terhadap kepercayaan, sikap (personalisasi), dan
tujuan pengguna komputer. TAM menganggap bahwa dua keyakinan variabel perilaku
utama dalam mengadopsi sisitem informasi, yaitu persepsi pengguna terhadap manfaat
(perceived usefulness) dan persepsi pengguna terhadap penggunaan (perceived ease of
use). Perceived usefulness diartikan sebagai tingkat di mana seseorang percaya bahwa
menggunakan system tertentu dapat meningkatkan kinerjanya, dan perceived ease of use
diartikan sebagai tingkat dimana seseorang percaya bahwa menggunakan system tidak
diperlukan usaha apapun (free of effort). perceived ease of use juga berpengaruh pada
perceived usefulness yang dapat diartikan bahwa jika seseorang merasa system tersebut
mudah digunakan maka system tersebut berguna bagi mereka.
Berbagai penelitian dilakukan untuk mempelajari proses integrasi teknologi
semenjak tahun 1970-an. Beberapa model telah dibangun untuk menganalisis dan
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
memahami faktor-faktor yang mempengaruhi diterimanya penggunaan teknologi
komputer, diantaranya yang tercatat dalam berbagai literatur dan referensi hasil riset
bidang teknologi informasi, seperti Theory of Reasoned Action (TRA), Theory of Planned
Behavior (TPB), dan Technology Acceptance Model (TAM). Model TAM yang
dikembangkan oleh Fred D. Davis (1989) merupakan salah satu model yang paling
banyak digunakan dalam penelitian TI karena model ini lebih sederhana dan mudah
diterapkan (Iqbaria, 1995). Model TAM diadopsi dari model Theory of Reasoned Action
(TRA), yaitu teori tindakan beralasan yang dikembangkan oleh Fishbe dan Ajzen (1975).
Personalization (p)
Perceived Usefulness
(PU)
Computer Self Efficacy
(CSE)
Perceifed Ease of Use
(PEU)
Trust (T)
(Sumber : Wang et al. 2003 yang dikutip dari Sri Maharsi)
Gambar TAM dalam Penelitian ini
Dalam penelitian ini dibatasi pada 9 konstruk yaitu personalisasi (Personalization)
terhadap persepsi pengguna manfaat (perceived usefulness), computer self efficacy
terhadap persepsi pengguna manfaat (perceived usefulness), computer self efficacy
terhadap persepsi pengguna kemudahan dalam penggunaan (perceived ease of use),
kepercayaan terhadap persepsi pengguna manfaat (perceived usefulness), kepercayaan
terhadap persepsi pengguna kemudahan dalam penggunaan (perceived ease of use),
persepsi pengguna kemudahan dalam penggunaan (perceived ease of use) terhadap
persepsi pengguna manfaat (perceived usefulness), personalisasi (Personalization) dan
computer self efficacy dan kepercayaan terhadap persepsi pengguna manfaat (perceived
usefulness), personalisasi (Personalization) dan computer self efficacy dan kepercayaan
terhadap persepsi pengguna kemudahan dalam penggunaan (perceived ease of use),
personalisasi (Personalization) terhadap persepsi pengguna kemudahan dalam
penggunaan (perceived ease of use).
Variabel behavioral intention dan perceived credibility tidak diteliti karena kedua
variabel ini tidak memiliki hubungan yang terlalu besar atau tidak signifikan (Sri
Maharsi, 2007). Menuru Davis (1989), tujuan utama TAM adalah untuk mendirikan dasar
penelusuran pengaruh faktor eksternal terhadap kepercayaan, sikap (personalisasi), dan
tujuan pengguna komputer. TAM merupakan salah satu model penelitian yang
digunakan untuk memprediksi adopsi teknologi informasi. Davis (1989) adalah penemu
pertama model tersebut, ia menggunakan model TAM pada adopsi email system dan file
editor di perusahaan IBM Canada. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa PEU dan PU
memiliki korelasi nyata dengan penggunaan kedua sistem tersebut (Gefan dan Straub,
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
2000). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, PEU dan PU merupakan persepsi yang
sangat penting dalam memperkirakan proses adopsi teknologi informasi oleh individu
maupun perusahaan. Davis hanya menyatakan bahwa PEU mempengaruhi proses adopsi
secara tidak langsung melalui PU karena PU lebih bersifat instrumental yang
mengakibatkan teknologi baru lebih bermanfaat.
Gefan dan Straub (2000) menyatakan bahwa peranan PEU sebenarnya lebih
kompleks dimana PEU mengukur penilaian easy of use dan easy of learning dari
pengguna teknologi informasi. Jadi, PEU berkenaan dengan motivasi pengguna teknologi
yang didasarkan pada penelitian aspek intrinsik dari penggunaan teknologi tersebut,
misalnya sebagai penghubung (interface) dan proses dalam penggunaan teknologinya.
Padahal aspek ekstrinsik dari teknologi informasinya diketahui melalui PU. Dalam
banyak kasus, hal ini merupakan alasan mengapa teknologi baru diadopsi. Maka PU-lah
yang berpengaruh langsung terhadap teknologi informasi.
METODE PENELITIAN
Model analisis dalam penelitian ini dapat dilihat pada gambar di mana terdapat 3
variabel independent dan 2 variabel dependent. Yang termasuk ke dalam variabel
independent adalah personalization (P), computer self efficacy (CSE), dan trust (T)
sedangkan variabel dependennya adalah Perceived Usefulness (PU) dan Perceived Ease
of Use (PEU).
Untuk mengukur PU, PEU, T, CSE dan P menggunakan skala Likert berskala 5
dengan skor : sangat setuju = 5, setuju = 4, ragu-ragu = 3, tidak setuju = 2, sangat tidak
setuju = 1.
Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna internet banking pada bank yang
menyediakan layanan internet banking di 5 bank yang berada di Depok yang
menyediakan layanan internet banking yaitu Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA),
Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Danamon. Teknik
pengambilan sample yang digunakan adalah sampling aksidental di mana pengambilan
sample dilakukan berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu
dengan peneliti dapat digunakan sebagai sample, bila dipandang orang kebetulan ditemui
itu cocok sebagai sumber data (Sugiyono 2003 : 60).
Dalam penelitian ini pengolahan dan analisa data dilakukan dengan menggunakan
teknik regresi berganda dengan alat bantu perangkat lunak (software) SPSS 11.5
Dari bahasan di atas, maka penulis mengambil serangkaian hipotesis yang akan diuji,
yakni:
1. Apakah P berpengaruh terhadap PU ?
2. Apakah CSE berpengaruh terhadap PU ?
3. Apakah CSE berpengaruh terhadap PEU ?
4. Apakah T berpengaruh terhadap PU ?
5. Apakah T berpengaruh terhadap PEU ?
6. Apakah PEU berpengaruh terhadap PU ?
7. Apakah P, CSE, T berpengaruh terhadap PU ?
8. Apakah P, CSE, T berpengaruh terhadap PEU ?
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
9. Apakah P berpengaruh terhadap PEU ?
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Di bawah ini adalah analisis validitas dan reliabilitas dari masing-masing variabel:
a. Dari pengujian validitas dan reliabilitas variabel PU dapat dilihat
(lampiran 1) bahwa tidak ada nilai Corrected Item-Total Correlation yang
negatif sehingga semua variabel indikator untuk variabel PU dikatakan
valid. Hasil perhitungan juga menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha
sebesar 0,7633 sehingga semua variabel indikator untuk variabel PU
dikatakan reliabel.
b. Dari pengujian validitas dan reliabilitas variabel PEU dapat dilihat
(lampiran 1) bahwa tidak ada nilai Corrected Item-Total Correlation yang
negatif sehingga semua variabel indikator untuk variabel PEU dikatakan
valid. Hasil perhitungan juga menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha
sebesar 0,8537 sehingga semua variabel indikator untuk variabel PEU
dikatakan reliabel.
c. Dari pengujian validitas dan reliabilitas variabel T dapat dilihat (lampiran
1) bahwa tidak ada nilai Corrected Item-Total Correlation yang negatif
sehingga semua variabel indikator untuk variabel T dikatakan valid. Hasil
perhitungan juga menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha sebesar
0,8158 hingga semua variabel indikator untuk variabel T dikatakan
reliabel.
d. Dari pengujian validitas dan reliabilitas variabel CSE dapat dilihat
(lampiran 1) bahwa tidak ada nilai Corrected Item-Total Correlation yang
negatif sehingga semua variabel indikator untuk variabel CSE dikatakan
valid. Hasil perhitungan juga menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha
sebesar 0,6292 sehingga semua variabel indikator untuk variabel CSE
dikatakan reliabel.
e. Dari pengujian validitas dan reliabilitas variabel P dapat dilihat (lampiran
1) bahwa tidak ada nilai Corrected Item-Total Correlation yang negatif
sehingga semua variabel indikator untuk variabel P dikatakan valid. Hasil
perhitungan juga menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha sebesar
0,7770 sehingga semua variabel indikator untuk variabel P dikatakan
reliabel.
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
Rangkuman Hasil Analisis Regresi
Tabel 4.11
Ragkuman Hasil Analisis Regresi
R2
No Keterangan Uji F Uji t Uji Uji Autokorelasi Uji
Heteroskedastisitas Multikolinearitas
22.3 % Ho ditolak Ho ditolak Tidak terjadi 2.012 > 2.79 Tidak terjadi
1. P terhadap
(Signifikan) (Signifikan) Heteroskedastisitas (Terjadi Multikolinearitas
Pu
Autokorelasi)
32.6 % Ho ditolak Ho ditolak Tidak terjadi 1.65 < 1.974 < Tidak terjadi
2. CSE
(Signifikan) (Signifikan) Heteroskedastisitas 2.35 Multikolinearitas
terhadap
(Tidak terjadi
PU
Autokorelasi)
11.3 % Ho ditolak Ho ditolak Tidak terjadi 1.21 < 1.556 < Tidak terjadi
3. CSE
(Signifikan) (Signifikan) Heteroskedastisitas 1.65 Multikolinearitas
terhadap
(Tidak dapat
PEU
disimpulkan)
1.3 % Ho diterima (Tidak Ho diterima (Tidak Tidak terjadi 1.65 < 1.846 < Tidak terjadi
4. T terhadap
Signifikan) Signifikan) Heteroskedastisitas 2.35 Multikolinearitas
PU
(Tidak terjadi
Autokorelasi)
7.5 % Ho ditolak Ho ditolak Tidak terjadi 1.165 < 1.809 < Tidak terjadi
5. T terhadap
(Signifikan) (Signifikan) Heteroskedastisitas 2.35 Multikolinearitas
PEU
(Tidak terjadi
Autokorelasi)
23.7 % Ho ditolak Ho ditolak Tidak terjadi 1.65 < 1.685 < Tidak terjadi
6. PEU
(Signifikan) (Signifikan) Heteroskedastisitas 2.35 Multikolinearitas
terhadap
(Tidak terjadi
PU
Autokorelasi)
37.3 % Ho ditolak P = Ho ditolak Terjadi 1.65 < 1.997 < Terjadi
7. P, CSE, T
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
(Signifikan) (Signifikan) Multikolinearitas
Heteroskedastisitas 2.35
terhadap
CSE = Ho (Tidak Terjadi
PU
ditolak Autokorelasi)
(Signifikan)
T = Ho
diterima (Tidak
Signifikan)
21.8 % Ho ditolak P = Ho ditolak Terjadi 1.65 < 1.677 < Terjadi
8. P, CSE, T
(Signifikan) (Signifikan) Heteroskedastisitas 2.35 Multikolinearitas
terhadap
T = Ho (Tidak terjadi
PEU
diterima (Tidak Autokorelasi)
Signifikan)
CSE = Ho
diterima (Tidak
Signifikan)
20.8 % Ho ditolak Ho ditolak Tidak terjadi 1.65 < 1.704 < Tidak terjadi
9. P terhadap
(Signifikan) (Signifikan) Heteroskedastisitas 2.35 Multikolinearitas
PEU
(Tidak terjadi
Autokorelasi)
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
Analisis :
Hasil penelitian untuk hipotesis 1 menyatakan bahwa penelitian ini mendukung
adanya suatu pengaruh yang positif dan signifikan antara personalisasi (P) dengan
persepsi manfaat (PU). Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat personalisasi
maka nasabah semakin merasakan manfaat dari pengadopsian Internet Banking, begitu
pun sebaliknya. Hasil ini mendukung penelitian oleh Risna Ramadhani (2007) yang
membuktikan bahwa personalisasi berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat.
Untuk hipotesis 2, penelitian ini membuktikan adanya pengaruh yang positif dan
signifikan antara kemampuan menggunakan komputer (CSE) dengan persepsi pengguna
terhadap manfaat yang diperoleh dari Internet Banking (PU). Hal ini membuktikan bahwa
nasabah akan menilai Internet Banking bermanfaat apabila mereka memiliki kemampuan
menggunakan komputer. Hal ini sama dengan hasil penelitian yang pernah dilakukan
oleh Sri Maharsi (2007). Menurut Sri Maharsi (2007) pengguna yang mempunyai
kemampuan yang lebih tinggi dalam menggunakan komputer (CSE) lebih memiliki
keyakinan yang positif pada kegunaan Internet Banking (PU).
Untuk hipotesis 3, penelitian ini membuktikan adanya pengaruh yang positif dan
signifikan antara kemampuan menggunakan komputer (CSE) dengan persepsi pengguna
terhadap kemudahan menggunakan Internet Banking (PEU). Hal ini membuktikan bahwa
nasabah akan menilai Internet Banking mudah digunakan apabila mereka memiliki
kemampuan menggunakan komputer. Hal ini sama dengan hasil penelitian yang pernah
dilakukan oleh Sri Maharsi (2007). Menurut Sri Maharsi (2007) pengguna yang
mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dalam menggunakan komputer (CSE) lebih
memiliki keyakinan yang positif pada kemudahan menggunakan Internet Banking (PEU).
Untuk hipotesis 4, penelitian ini tidak membuktikan adanya pengaruh yang positif
dan signifikan antara kepercayaan seseorang terhadap Internet Banking (T) dengan
persepsi manfaat (PU). Hal tersebut membuktikan bahwa manfaat yang diperoleh dari
Internet Banking tidak dipengaruhi oleh kepercayaan seseorang terhadap Internet
Banking (T). Dengan kata lain, belum tentu seseorang akan menganggap Internet
Banking bermanfaat meskipun kepercayaan Internet Banking tersebut tinggi dan pulsa
juga menjadi salah kendala dalam menggunakan Internet Banking. Hasil ini tidak sama
dengan penelitian oleh Risna Ramadhani (2007) yang membuktikan bahwa semakin
tinggi tingkat kepercayaan nasabah terhadap Internet Banking, maka nasabah akan
semakin merasakan manfaat dari pengadopsian Internet Banking, begitu juga sebaliknya.
Untuk hipotesis 5, penelitian ini tidak membuktikan adanya pengaruh yang
negatif dan signifikan antara kepercayaan seseorang terhadap Internet Banking (T)
dengan persepsi kemudahan dalam penggunaan Internet Banking (PEU). Hal tersebut
membuktikan bahwa kemudahan penggunaan yang diperoleh dari Internet Banking tidak
dipengaruhi oleh kepercayaan seseorang terhadap Internet Banking (T). Dengan kata lain,
belum tentu seseorang akan menganggap Internet Banking mudah digunakan meskipun
kepercayaan Internet Banking tersebut tinggi. Hasil ini tidak sama dengan penelitian oleh
Risna Ramadhani (2007) yang membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan
nasabah terhadap Internet Banking, maka nasabah akan semakin mudah mengadopsi
Internet Banking, begitu juga sebaliknya.
Hasil penelitian untuk hipotesis 6, penelitian ini membuktikan adanya pengaruh
yang positif dan signifikan antara persepsi pengguna terhadap kemudahan menggunakan
Internet Banking (PEU) dengan persepsi pengguna terhadap manfaat yang diperoleh dari
Internet Banking (PU). Hal ini membuktikan bahwa sikap nasabah akan memandang
manfaat Internet Banking juga dilandasi oleh kemudahan dalam menggunakan Internet
Banking. Dengan kata lain, nasabah akan menilai Internet Banking itu bermanfaat bila
mereka dapat menggunakan Internet Banking dengan mudah. Pada hipotesis ini sama
dengan hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Sri Mahasri (2007). Pada penelitian
Sri Maharsi (2007), PEU memiliki pengaruh yang signifikan terhadap PU.
Untuk hipotesis 7, membuktikan bahwa penelitian ini mendukung adanya suatu
pengaruh yang positif dan signifikan antara personalisasi (P), kemampuan menggunakan
komputer (CSE), dan kepercayaan (T) dengan persepsi manfaat (PU). Hal ini
membuktikan bahwa nasabah akan menilai Internet Banking bermanfaat apabila mereka
memiliki kemampuan menggunakan komputer, personalisasi atau keinginan terhadap
Internet Banking dan kepercayaan terhadap Internet Banking. Kepercayaan tersebut tidak
signifikan terhadap manfaat Internet Banking. Jadi, walaupun manfaat Internet banking
sangat banyak tetapi nasabah tidak memiliki kepercayaan terhadap Internet Banking dan
nasabah tidak memiliki pulsa. Maka akan sia-sia saja dan nasabah tersebut tidak akan
menggunakan fasilitas Internet Banking. Hasil ini tidak sama dengan penelitian oleh
Risna Ramadhani (2007) yang membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan
nasabah terhadap Internet Banking, maka nasabah akan semakin merasakan manfaat dari
pengadopsian Internet Banking, begitu juga sebaliknya.
Untuk hipotesis 8, membuktikan bahwa penelitian ini mendukung adanya suatu
pengaruh yang signifikan terhadap personalisasi (P) dan tidak memiliki pengaruh yang
signifikan antara nasabah dalam menggunakan komputer (CSE) dan kepercayaan nasabah
terhadap Internet Banking (T) dengan persepsi kemudahan terhadap penggunaan Internet
Banking (PEU). Hal ini membuktikan bahwa nasabah akan menilai Internet Banking
mudah digunakan apabila mereka memiliki keyakinan (P) dalam penggunaan Internet
Banking. Kemampuan menggunakan komputer dan kepercayaan terhadap Internet
Banking tersebut tidak signifikan terhadap persepsi kemudahan dalam penggunaan
Internet Banking. Jadi, walaupun penggunaan Internet Banking mudah digunakan tetapi
nasabah tidak bisa menggunakan komputer dan tidak memiliki kepercayaan terhadap
layanan Internet Banking, maka nasabah tersebut tidak akan menggunakan layanan
Internet Banking tersebut. Salah satu kendala nasabah tidak menggunakan Internet
Banking yaitu nasabah tidak memiliki pulsa. Jadi pulsa juga dapat mempengaruhi
nasabah dalam menggunakan Internet Banking atau tidak. Hasil ini tidak sama dengan
penelitian oleh Risna Ramadhani (2007) yang membuktikan bahwa semakin tinggi
tingkat kepercayaan nasabah terhadap Internet Banking, maka nasabah akan semakin
mudah mengadopsi Internet Banking, begitu juga sebaliknya. Hasil ini juga sama dengan
penelitian Sri Maharsi (2007) yang menyatakan bahwa pengguna yang mempunyai
kemampuan yang lebih tinggi dalam menggunakan komputer (CSE) lebih memiliki
keyakinan yang positif terhadap kemudahan dalam penggunaan Internet banking (PEU).
Hasil penelitian untuk hipotesis 9 menyatakan bahwa penelitian ini mendukung
adanya suatu pengaruh yang positif dan signifikan antara personalisasi (P) dengan
persepsi kemudahan dalam menggunakan Internet Banking (PEU). Hal ini membuktikan
bahwa semakin tinggi tingkat personalisasi (keinginan dalam menggunakan Internet
Banking) maka nasabah semakin mudah dalam penggunaan Internet Banking, begitu pun
sebaliknya. Hasil ini mendukung penelitian oleh Risna Ramadhani (2007) yang
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
membuktikan bahwa personalisasi berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan
dalam menggunakan Internet Banking.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis yang diajukan dalam penelitian
ini, maka penulis menarik kesimpulan antara lain :
persepsi personalisasi (P) terhadap persepsi pengguna manfaat yang diperoleh
(PU), Keamanan & privasi pengguna Internet Banking & juga menguji pengaruh dari
kemampuan seseorang dalam menggunakan computer (CSE) terhadap persepsi pengguna
manfaat yang diperoleh (PU), Keamanan & privasi pengguna Internet Banking & juga
menguji pengaruh dari kemampuan seseorang dalam menggunakan computer (CSE)
terhadap persepsi pengguna kemudahan dalam penggunaan (PEU), Kepercayaan (T)
terhadap persepsi pengguna kemudahan dalam penggunaan (PEU), Persepsi pengguna
kemudahan dalam penggunaan (PEU) terhadap persepsi pengguna manfaat yang
diperoleh (PU), Personalisasi (P) terhadap persepsi pengguna kemudahan dalam
penggunaan (PEU), hipotesis di atas menyatakan berpengaruh secara signifikan.
Kepercayaan (T) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi pengguna
manfaat yang diperoleh (PU), hal tersebut membuktikan bahwa manfaat yang diperoleh
dari Internet Banking tidak dipengaruhi oleh kepercayaan seseorang terhadap Internet
Banking (T). Dengan kata lain, belum tentu seseorang akan menganggap Internet
Banking bermanfaat meskipun kepercayaan Internet Banking tersebut tinggi dan pulsa
juga menjadi salah kendala dalam menggunakan Internet Banking.
P, CSE, T terhadap PU membuktikan bahwa penelitian ini mendukung adanya
suatu pengaruh yang positif dan signifikan antara personalisasi (P), kemampuan
menggunakan komputer (CSE), dan kepercayaan (T) dengan persepsi manfaat (PU). Hal
ini membuktikan bahwa nasabah akan menilai Internet Banking bermanfaat apabila
mereka memiliki kemampuan menggunakan komputer, personalisasi atau keinginan
terhadap Internet Banking dan kepercayaan terhadap Internet Banking. Kepercayaan
tersebut tidak signifikan terhadap manfaat Internet Banking. Jadi, walaupun manfaat
Internet banking sangat banyak tetapi nasabah tidak memiliki kepercayaan terhadap
Internet Banking dan nasabah tidak memiliki pulsa. Maka akan sia-sia saja dan nasabah
tersebut tidak akan menggunakan fasilitas Internet Banking.
P, CSE, T terhadap PEU membuktikan bahwa penelitian ini mendukung adanya
suatu pengaruh yang signifikan terhadap personalisasi (P) dan tidak memiliki pengaruh
yang signifikan antara nasabah dalam menggunakan komputer (CSE) dan kepercayaan
nasabah terhadap Internet Banking (T) dengan persepsi kemudahan terhadap penggunaan
Internet Banking (PEU). Hal ini membuktikan bahwa nasabah akan menilai Internet
Banking mudah digunakan apabila mereka memiliki keyakinan (P) dalam penggunaan
Internet Banking. Kemampuan menggunakan komputer dan kepercayaan terhadap
Internet Banking tersebut tidak signifikan terhadap persepsi kemudahan dalam
penggunaan Internet Banking. Jadi, walaupun penggunaan Internet Banking mudah
digunakan tetapi nasabah tidak bisa menggunakan komputer dan tidak memiliki
kepercayaan terhadap layanan Internet Banking, maka nasabah tersebut tidak akan
menggunakan layanan Internet Banking tersebut. Salah satu kendala nasabah tidak
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
menggunakan Internet Banking yaitu nasabah tidak memiliki pulsa. Jadi pulsa juga dapat
mempengaruhi nasabah dalam menggunakan Internet Banking atau tidak.
Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis menyarankan untuk meneliti
variabel lain yang di duga memiliki pengaruh terhadap faktor-faktor dalam penerimaan
nasabah dalam layanan internet banking dalam penelitian berikutnya, dugaan sementara
variabel dalam penelitian ini adalah persepsi pengguna terhadap manfaat (Perceived
Usefulness - PU), persepsi pengguna terhadap kemudahan dalam penggunaan (Perceived
Ease of Use – PEU), keamanan dan privasi pengguna internet banking dan juga menguji
pengaruh dari kemampuan seseorang dalam menggunakan computer (Computer Self
Efficacy – CSE), kepercayaan (Trust – T), dan Personalisasi (Personalization – P). Selain
itu juga penulis juga menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengkatagorikan
bank yang akan digunakan (Bank Pemerintah dan Bank Swasta). Dalam penelitian ini
yang termasuk Bank Pemerintah adalah Bank Mandiri, BNI, BRI dan yang termasuk
Bank Swasta adalan BCA , Bank Danamon.
DAFTAR PUSTAKA
Budi Santosa, Purbayu., dan Ashari. “Analisis Statistik dengan Microsoft Exel & SPSS”.
Yogyakarta: Andi Offset. 2005.
Chan, S.C. and Lu, M., 2004. Understanding internet banking adoption and use
behaviour: A Hongkong Perspective. Journal of Global Information Management
(online journal fron request), vol.12, Iss. 3, pg. 21.
http://proquest.umi.com/pqdweb?did=642433151&Fmt=4clientId=46969&RQT=
309&VName+PQD (2005, 11 April).
Davis, F.D., 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of
information technology._MS Quarterly (online), Vol. 13. Iss. 3, pg. 318.
http://www.cba.hawaii.edu/chismar?ITM704/DavisTAM 1989.pdf (2005, 20 Juli).
Davis, F.D., Bagozzi, R.P., and Washaw, P.R., 1989. User acceptance of computer
technology: A comparison of two theoretical models. Management Science
(online), Vol. 35 Iss. 8, pg.982.
http://home.hia.no/fwahid01/thesis/articles/Davis%20et%0al%01989).pdf (2005,
20 Juli).
Goh, H.P (1995). The Diffusion of internet in Singapore. Academic Exercise, Faculty of
Business Administration, National University of Singapore.
Igbararia, M., Zinatelli, N., Craggg, P., dan Cavaye, A.L.M., (1997), “Explaining The
Role of User Participation in Information System Use”, Management Science,
Vol. 40., No.4.
Maharsi, Sri dan Fenny, Analisa Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan
Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking di
Surabaya, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 8, No. 1, Mei 2006, Hal 35-51.
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981
Maharsi, Sri dan Yuliani Mulyadi, Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah
menggunakan Internet Banking dengan menggunakan kerangka Technology
Acceptance Model (TAM), Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 9, No. 1, Mei
2007, Hal 18-28.
Mihadi, Yananto. “Analisis TAM terhadap Implikasi Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) pada Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) di
Indonesia (Studi Empiris pada KUKM peserta UG-ICTA 2008”. Jurnal Akuntansi
Indonesia. Depok: Universitas Gunadarma. 2008.
Prasetyaningrum, Septyana. “Analisis TAM terhadap Penerapan E-Commerce (Di) pada
UKM Kota Depok”. Jurnal Akuntansi Indonesia. Depok: Universitas Gunadarma.
2008.
Rahardjo, Budi. “Aspek Teknology dan Keamanan dalam Internet Banking”. PT Insan
Indonesia. PT INDOCISC, 2001.
Ramadhani, Risna. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan nasabah
terhadap layanan Internet Banking di Semarang : Dengan Menggunakan
Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)”. Jurnal Akuntansi Indonesia.
Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.
Sugiyono, 2003. Statistika untuk penelitian (edisi pertama). Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, Wahid. Jalan Pintas Menguasai SPSS 10. Yogyakarta: Andi Offset. 2002.
Supranto, J. Metode Riset Aplikasinya Dalam Penasaran. Jakarta: Fakultas Ekonomi
Universitas Indonesia. 1998.
Suryani, Tatik, Ilfitrah, Anik Maschudah dan Santosa, Agus, Sikap dan Penerimaan
Nasabah terhadap layanan Internet Banking, Ventura, Vol. 8, No. 2, Desember
2005, Hal 33-47.
Tangke, Natalia. “Analisa Penerimaan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK)
dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) pada badan
Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 6, No.
1 Mei 2004: 10-28. Jakarta: FE Universitas Kristen Petra.
Tan, M., dan T. S. H. Teo (2000). “Factors Influencing the adoption of Internet Banking”,
Journal of the Association for Information System, vol. 1, no. 5, pp. 1-44.
Team Pengembangan Laboratorium Manajemen Dasar Universitas Gunadarma. 2006.
Modul Praktikum SPSS. Depok : Laboratorium Manajemen Dasar, Universitas
Gunadarma.
Umar, Husein. “Metode Riset Bisnis”. Jakarta : 2002.
http://id.wikipedia.org
www.google.co.id
Jurusan Akuntansi, fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma (2009)
20205981

1 komentar:

  1. Halo Setiap tubuh,

    Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. Hubungi Pak James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

    BalasHapus